YAYASAN PONDOK PESANTREN SINAR ISLAM ASIA PASIFIC

Jl. Transyogi Kp.Tegalsalam Rt.022 Rw.008 Desa Cariu Kec.Cariu Bogor

LDKS (Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa) Mencetak Generasi Muda Berkarakter

Senin, 24 April 2017 ~ Oleh Yasiap ~ Dilihat 1437 Kali

LDKS (Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa) merupakan sebuah kegiatan yang diikuti oleh seluruh siswa/i SMK SINAR ISLAM ASIA PASIFIC dan tentunya memiliki tujuan untuk melatih dan menumbuhkan jiwa kepemimpinan, khususnya di lingkungan  SMK SINAR ISLAM ASIA PASIFIC. LDKS yang dilaksanakan oleh  SMK SINAR ISLAM ASIA PASIFIC tentunya berbeda dengan LDKS di sekolah pada umumnya. 

Mengapa demikian?

Perlu diketahui bahwa sekolah ini membangun murid-muridnya untuk terus berkembang dan dapat bertahan di era mencekamnya dunia global. Oleh karena itu, "Survive" menjadi tema pada LDKS yang dilaksanakan pada tanggal 10-12 September 2019 dan bertempat di Kabupaten Karawang. 

Tujuan mulia dari kegiatan ini tentunya tidak hanya melatih kepemimpinan saja, melainkan juga agar siswa/i dapat mempersiapkan diri mereka menghadapi dunia luar. Selain itu, kekompakan dan kerjasama antar individu maupun kelompok juga sangat diuji dari kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan

Berbagai tantangan yang dihadapi oleh setiap individu maupun kelompok tentunya memiliki sifat membangun karakter mereka ke arah yang positif. Beberapa kegiatan-kegiatan diantaranya memasak sendiri, games post, dan PBB.

Peserta diharuskan dapat mengerti sedikit banyaknya tentang memasak mulai dari cara-cara memasak, membagi tugas antar anggota untuk membuat makanannya sendiri, serta berbagi dengan kelompok lain.

Games post yang mereka ikuti juga memiliki tantangan dan rintangan guna menguji kekompakan. Kepintaran juga dibutuhkan, untuk menyelesaikan games post satu persatu

Murid SMK SINAR ISLAM ASIA PASIFIC  identik dengan sikap disiplin dan keaktifan yang tinggi. Kegiatan PBB adalah salah satu kegiatan yang dapat mengaplikasikan sikap disiplin serta keatifan siswa dalam segala situasi.

Salah satu kegiatan yang menambah kekompakan dalam suatu kelompok yaitu sharing dan api unggun. Dalam sharing, peserta LDKS seringkali mengungkapkan keluh kesah dan kesan mereka selama kegiatan berlangsung. Sesi sharing biasanya dibimbing oleh kakak-kakak kelas. Selain itu, kegiatan api unggun di SMK SINAR ISLAM ASIA PASIFIC  juga dapat membawa kebersamaan antar individu maupun kelompok secara menyeluruh sehingga tidak ada perbedaan diantara yang satu dengan lainnya. 

Dengan diselenggarakan acara LDKS ini kami berharap siswa/i SMK SINAR ISLAM ASIA PASIFIC menjadi pemimpin dan survivor yang tangguh serta dapat bertahan di dunia luar dan terus mengembangkan inovasi dan kreatifitas guna menggapai cita-cita mereka dimasa depan. 

Berita Pengumuman Sekilas-info

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT

JAJAK PENDAPAT

Menurut Anda, Apa yang harus dilakukan untuk meningkatkan mutu sekolah?

LIHAT HASIL